Panduan untuk Pendidik Anak Usia 5-6 tahun ini disusun
untuk memberikan acuan yang rinci tentang bagaimana program-program pembelajaran
PAUD dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak
Usia Dini yang telah ditetapkan dalam Permendikbud no. 146 tahun 2014.
Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan
hal-hal sebagai berikut :
1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Perkembangan yang dikaitkan dengan tema.
3. Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI)
1 dan KI 2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Dukunglah ketercapaian Kompetensi
Inti (KI) 1 dan KI 2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya
sekolah.
4. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih
kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan
perencanaan. Pilihlah metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan yang akan
dilakukan agar bisa dicapai kompetensi yang ditetapkan.
5. Biasakan anak untuk mengamati dengan
menggunakan seluruh indera mereka. Kembangkanlah keterampilan bertanya pada
anak yang mendorong terciptanya landasan bagi berkembangnya kemampuan berpikir
tingkat tinggi.
6. Optimalkan penggunaan indera pada anak.
7. Gunakanlah berbagai media atau sumber
belajar yang tersedia di lingkungan sekolah.
8. Karena tema-tema dan sub-sub tema yang ada
di buku panduan ini merupakan contoh. Pendidik dapat mengadopsi, mengadaptasi, memodifikasi,
atau mengganti sesuai dengan kondisi dan/atau kebutuhan pembelajaran di satuan
PAUD masing-masing.
9. Pastikan semua anak berpartisipasi dalam
kegiatan pembelajaran termasuk anak yang mempunyai kebutuhan khusus.
Mudah-mudahan panduan ini bisa membantu pendidik dalam
menjalankan tugas mereka untuk membantu anak-anak usia dini memiliki kesiapan
belajar dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Semoga Bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar