SELAMAT HARI KARTINI Ke-139 TAHUN 2018

Sabtu, 29 April 2017

Perlukah Acara Wisuda untuk Anak PAUD TK dan SD?




Pertanyaan ini mengusik, Entah kapan ritual prosesi wisuda ala mahasiswa sarjana ini mulai diberlakukan di sekolah-sekolah TK dan SD swasta. Lucu memang melihat mereka mengenakan jubah hitam kebesaran lengkap dengan toga dan kuncir umbul-umbul menjuntai itu.


Soal jubah dan toga yang dipakai para bocah SD tadi. Saya tidak melihat esensi pentingnya prosesi wisuda ala mahasiswa, yang (harus) diberlakukan para siswa tingkat dasar atau terlebih bagi bocah TK ini. Ini bukan berarti saya antipati pada proses acara pelepasan siswa pada umumnya. Mungkin misi mulia dan tujuan acara ini dimaksudkan agar mereka, para calon generasi penerus di masa depan itu, punya cita-cita belajar setinggi-tingginya sampai menjadi seorang sarjana kelak. Wallahu'alam. www.kompasiana.com

“Sekolah sebaiknya tidak memakai istilah “Wisuda” apalagi melakukan penyematan topi toga,” tandasnya.

Dijelaskan Bukhori, istilah Wisudawan/i itu berlaku bagi seseorang yang telah meraih sarjana dan di lakukan pemakaian perlengkapan baju serta topi toga oleh Guru Besar disaksikan para dosen perguruan tinggi.

“Untuk meraih sarjana seseorang bisa mencapai 7 tahun atau lebih, jadi penggunaan istilah wisuda bagi tingkat pendidikan PAUD  kurang tepat,” imbuhnya.
Untuk itu, sebaiknya pelepasan anak didiknya setelah lulus cukup menampilkan budaya serta kegiatan yang positif di sekolah. Sambil mencontohkan lebih menonjolkan ciri khas dan budaya sekolah itu jauh lebih bagus, “Tampilkan ciri khas sekolah itu lebih baik, ketimbang pelepasan menggunakan istilah wisuda,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua HIMPAUDI Kukar Ita Puspitasari, M.Pd ketika dikonfirmasi melalui hendponenya, terkait sitilah “Wisuda” bagi PAUD. Puspita mengatakan bahwa pemakaian istilah wisuda bagi PAUD sangat tidak relevan dan terkesan mengelabui orang tua siswa. “Istilah wisuda itu hanya menambah beban orang tua, dengan menyiapkan baju toga tentunya membutuhkan dana tidak sedikit, ya kesannya seperti sarjana siap bekerja,” ujarnya. www.wartakaltim.co

SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar